Thursday, July 26, 2007

Franchising


Buku yang tampil dengan design cover yang attraktif ini memang mengingatkan kita pada gambaran kuat Mc Donald’s dengan roti hamburger yang berlapis isian sebagai produk unggulannya. Tidak salah memang karena penulisnya adalah pendiri sekaligus pemilik Mc Donald’s Indonesia.

Franchise atau dikenal sebagai waralaba dalam versi Indonesia adalah pola kerjasama bisnis yang mensinergikan kekuatan positif para pihak yang saling berhubungan untuk dapat menguatkan infrastruktur perdagangan secara lebih luas, namun diperlukan kejelian yang cermat dalam memilihnya.

Salah satu elemen yang terpenting adalah melihat tata kelola usaha pemilik franchise, diantaranya dengan melihat antara lain:
- Kekuatan merek dagang yang dimiliki.
- Kapabilitas support kelola manajerial gerai.
- Komitmen dan dukungan untuk membantu link financial.

Relasi usaha antara pemilik franchise baik dalam kapasitas yang kecil hingga besar dalam support modal maupun promosi dengan para mitra usahanya sesungguhnya mampu menjadi daya dorong untuk menggerakkan sector usaha kecil menengah yang berarti memajukan ekonomi riil masyarakat.

Pola kerjasama yang saling menguntungkan tentunya membutuhkan alat ukur yang tepat dalam menilai serta memilih-dibedakan menjadi dua hal yang terpisah secara setara- kompetensi pemilik waralaba (franchisor).

Penilaian atas franchisor menurut Bambang dapat dilakukan dengan melihat track record, kehandalan kualitas produk, memiliki knowledge sistematik dan yang tidak bisa dibantah lagi adalah ragam cerita sukses dari franchise tersebut.

Sedangkan lebih lanjut dalam pandangan Bambang, untuk memilih waralaba yang akan dijajaki diperlukan berbagai elemen positif dari mitra usaha untuk tidak mudah menyerah, jangan terjebak pada harga murah, periksa kerangka hukumnya, memperhatikan resiko yang mungkin dapat timbul, serta melakukan perbandingan dengan waralaba setara lainnya.
Buku ini menarik untuk mendukung minat kewirausahaan, dilengkapi dengan berbagai objek studi waralaba didalamnya yang dibedah dengan menggunakan alat ukur kuantitatif serta kualitatif secara komprehensif.

Pengalaman nyata sebagai pelaku dalam dunia franchise membuat Bambang menuangkan apa yang dijalaninya sebagai sebuah pedoman dalam menentukan pilihan atas tawaran bisnis franchise secara lebih bijak dan prudent.

Bagi para pemburu franchise, buku ini menjadi salah satu referensi yang menarik untuk dapat melihat secara lebih jelas seluk beluk dunia franchise termasuk kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya.

Salah satu yang diangkat sebagai objek studi pilihan adalah “Edam Burger”, meski dalam tanda kutip merupakan competitor sejenis sebagai bisnis dibidang food and beverage khususnya jenis penjualan burger, namun Bambang dapat menunjukkan objektifitasnya.

Jadi.. tidak perlu menunggu lama, dapatkan pilihan terbaik bisnis anda. (Iduy)

“Believe that impossible is nothing”

(*disarikan dari buku Dr Bambang N Rachmadi)

No comments: